Videoku

PERSIAPAN MENJELANG PESTA PERNKAHAN

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Pesta Pernikahan
Pesta pernikahan yang kami bahas di sini adalah pesta pernikahan di gedung (bukan di rumah sendiri). Pedoman ini untuk calon pengantin yang mempersiapkan pestanya sendiri (maksudnya bukan minta di-manage wedding organizer). Kalau tidak ingin repot, serahkan semua pada wedding organizer (tapi tentu Anda harus menyiapkan uang ekstra).

Untuk menghemat pengeluaran, mari kita (calon pengantin) dan dengan bantuan keluarga, kita persiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Rekan se-Dhamma, yang penulis bahas di sini adalah hal-hal umum yang penulis ketahui (termasuk dari pengalaman pribadi saat menyiapkan pesta pernikahan). Penulis sadar, ini baru point kecil saja, masih sangat banyak kekurangan di sana-sini.

Judul point-point yang perlu dipersiapkan, kami susun berdasarkan urutan abjad (bukan kronologis waktu). Selamat mempersiapkan pesta pernikahan Anda, semoga semua berjalan lancar.

Anak Pengantin. Ini adalah anak kecil yang mendampingi pengantin. Carilah keponakan atau saudara jauh/ tetangga yang punya anak kecil dan bersedia jadi anak pengantin. Ada yang bertugas "menjaga" bagian ujung gaun pengantin agar tidak tersangkut, ada yang menabur bunga sepanjang "red carpet". Bisa cowok dan cewek, bisa juga cewek semua. Lebih lucu kalau ada anak kembar. Anda "wajib" menyediakan pakaian dan rias untuk mereka.

Bagi Undangan. Umumnya seminggu sebelum pesta, undangan dibagikan. Khusus untuk tamu di luar kota, dikirimkan lebih awal. Dalam pembentukan panitia, ini salah satu seksi yang dibentuk.

Band & Singer. Kalau pihak gedung tempat pesta pernikahan Anda tidak menyediakannya, Andalah yang harus mencarinya. Makin lengkap paket sebuah band, tentu biaya main mahal. Dari yang hanya dengan seorang pemain organ dan seorang penyanyi, mini orkestra sampai orkestra lengkap. Ini untuk mengiringi Anda memasuki ruangan sampai tamu yang ingin menyumbangkan suara emasnya.

Bentuk Panitia. Anda tidak bisa mengerjakan semua hanya berdua. Butuh banyak tenaga untuk membantu. Bentuklah panitia yang terdiri dari saudara atau teman dekat Anda. Ada yang bertugas mengantar undangan pernikahan, bertanggung jawab terhadap hidangan saat pesta berlangsung, penerima tamu, menjaga angpau, dan lain-lain.

Biasa & Candid. Foto pernikahan juga ada 2 pilihan: biasa (foto formal) dan candid (momen-momen unik). Fotografer candid memang bertugas menangkap momen-momen tidak biasa (lucu).

Busana Pengantin. Ada 2 pilihan: membeli atau menyewa. Gaya bagaimana yang Anda inginkan (selalu rundingkan berdua). Busana kedua orang tua pengantin dan pakaian penerima tamu juga harus dipikirkan. Apakah ingin seragam atau tidak?

Cincin Pernikahan. Pesan cincin pernikahan yang akan dikenakan saat pesta pernikahan nanti.

Foto Bersama. Atur dari sekarang, siapa saja yang akan foto bersama dengan pengantin. Buat daftar dan rundingkan dengan fotografer Anda. Yang pasti pengantin dengan keluarga besar pria, pengantin dengan keluarga besar wanita, pengantin dan keluarga besar pria dan wanita,... (teman akrab, teman sekantor, dll).

Hadiri Pesta. Menjelang akan menikah, bila diundang, Anda harus lebih rajin datang ke pesta pernikahan teman/ relasi Anda. Di sana Anda dan pasangan bisa memperhatikan susunan acara, pakaian pengantin, make up, dekorasi ruangan,... Biasanya di meja hidangan ada banyak kartu nama (MC, catering, salon, fotografer, dan lain-lain). Anda bisa ambil semua kartu nama, suatu saat Anda butuh, tinggal hubungi nomor telpon yang tertera di kartu nama tersebut.

Ice Carving. Hiasan pahatan es yang berbentuk inisial huruf Anda dan pasangan. Ada yang pakai, ada pula yang tidak.

Izin Cuti. Minta cuti dari perusahaan, siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pengganti Anda agar Anda tidak diganggu urusan kantor.

Jaga Angpau. Saudara dari kedua mempelai diberi tugas khusus untuk menerima angpau, memberi souvenir. Mereka harus menjaga angpau (kalau mau ke toilet atau keperluan lain, tetap harus ada yang menjaga angpau). Pencuri angpau berkeliaran mencari mangsa, saat rawan adalah saat foto bersama. Semua angpau hilang dibawa pencuri sudah pernah terjadi, jangan sampai terulang pada Anda.

Jaga Stamina. Terutama menjelang hari H, Anda harus benar-benar menjaga stamina. Jangan sampai pas hari pernikahan, Anda jatuh sakit.

Jaga Stok. Ini salah satu tugas dari panitia yang dibentuk. Tugasnya adalah memberitahukan pihak penyedia makanan (catering atau kitchen restoran) untuk segera mengisi makanan yang tinggal sedikit. Kemudian membuat keputusan apakah akan menambah atau sesuai dengan pesanan awal.

Kue Pengantin. Jauh hari sebelum hari H, Anda sudah bisa memesannya. Bagaiman bentuknya, berapa tingkat,... rundingkan dengan pasangan Anda.

Kunjungi Pameran. Setelah Anda merencanakan pernikahan, sering-seringlah berkunjung ke pameran pernikahan dengan calon pasangan Anda. Semua stand keperluan pernikahan ada di sini. Jangan lupa ambil brosur dan tanyakan apa saja yang ingin Anda ketahui.

Lokasi Pemotretan. Setelah pemberkahan pernikahan (menjelang pesta/ resepsi), Anda punya kesempatan berfoto outdoor. Anda juga harus membayar untuk mendapatkan lokasi pemotretan (bisa di tempat obyek wisata, kompleks perumahan mewah, rumah makan di luar kota dengan pemandangan indah). Pilihan ini menghemat biaya (sewa pakaian pengantin dan make up) tapi resikonya capek. Ada pula yang mengambil hari khusus (sebelum pesta/ pemberkahan) dengan maksud, hasil pemotretan bisa dipajang di pesta pernikahan, bahkan di undangan pernikahan.

Mas Kawin. Biasanya berupa perhiasan emas. Tapi terkadang ada yang menambahkan uang dengan jumlah unik (sesuai dengan tanggal pernikahan). Uang kertas dengan jumlah unik dibingkai. Kalau Anda ingin juga seperti itu, silakan memburu uang kertas lama dengan nilai Rp 1, Rp 5,… di pedagang uang kuno di kaki lima.

Master of Ceremony. Pilih MC pernikahan sesuai dengan kebutuhan. Ada kalanya orang tua ingin MC yang bisa berbahasa Tionghua (Mandarin), selain bahasa Indonesia tentunya. Makin banyak bahasa yang diinginkan, tarif makin mahal.

Menu Makanan. Pengalaman penulis, sebelum memilih, kami diberi kesempatan oleh pihak hotel untuk cicip rasa. Dari sana kami baru memutuskan menu apa yang akan dipilih. Perhitungan kasar porsi yang dipesan: total undangan yang disebar x 1,5. Misalnya total undangan yang disebar 300 maka pesan prasmanan untuk 450 orang. Hotel tempat kami pesta menyatakan siap menambah sekitar 150 porsi bila kurang. Tinggal bilang saja. Untuk yang 150 porsi ini hanya dihitung bila terpakai. Coba tanyakan pada pihak catering, bagaimana mekanismenya. Banyak teman Anda yang Buddhis dan vegetarian? Mungkinkah perlu menu vegetarian di samping menu biasa? Selain menu prasmanan (nasi dan lauk), sekarang sudah umum ada stand. Beberapa stand yang biasa kami temukan di pesta pernikahan: baso tahu, siomay, crepes, pempek, sate, soup, es krim/ es puter, buah-buahan, dan lain-lain.

Mobil Pengantin. Tinggal hubungi rental mobil pengantin.

Nama Famili. Sejak memutuskan akan menikah, kami berbagi tugas. Saya mencatat nama famili saya, istri (calon istri) mencatat nama familinya. Atau bila ada famili yang baru menikah, Anda bisa minta copy catatan mereka (tentu sebagian familinya adalah famili Anda juga).

Patroli Pengawal. Polisi dengan motor khusus ini biasanya disingkat patwal. Patwal diperlukan untuk mengawal mobil pengantin agar tidak terkena macet. Terlebih bila Anda menggunakan nomor polisi “khusus” pada mobil sewaan (lihat pada: "Plat Khusus").

Pasukan Batik. Tapi di diary penulis istilahnya "hantu perbaikan gizi". Ini adalah orang-orang nekat "datang tak diundang, pergi tak diantar" (ssst: Jailangkung ya???). Umumnya mereka hadir di pesta pernikahan yang diadakan di gedung umum (bukan hotel mewah). Tapi kabar terbaru, di hotel mewah pun mereka berani hadir, meski jumlahnya tidak banyak. Yang dikhawatirkan adalah jumlah mereka banyak dan datang di awal pesta sehingga saat tamu resmi yang datang di penghujung pesta hanya kebagian sisa-sisa. Ini tentu memalukan tuan rumah. Tak ada solusi tepat untuk hal ini. Tulis "undangan harap dibawa" tidak dan belum pantas dilakukan. Anggap saja kita berbuat karma baik, memberi makanan bergizi dengan tarif warteg bagi yang kurang mampu. Lumayan bikin "gondok" pasangan pengantin saat buka angpao. Makan sepuasnya menu hotel mewah plus aneka stand pilihan, hanya dengan Rp 5.000. Di mana lagi ada harga semurah ini???

Penerima Tamu. Biasanya berasal dari keluarga saudara pengantin laki-laki dan perempuan. Sudah dibicarakan di point “Bentuk Panitia”.

Pilih Waktu. Pesta pernikahan biasanya dipilih hari Minggu siang-malam atau Sabtu sore-malam. Rundingkan dengan keluarga besar (terutama bagi yang punya banyak famili di luar kota). Minta saran dari orang tua atau orang yang dituakan seandainya keluarga masih terikat pada adat istiadat atau perhitungan hari baik (menurut feng shui, primbon,…).

Plat Khusus. Selain mas kawin berupa uang yang jumlahnya sama dengan tanggal pernikahan, nomor polisi/ plat mobil pengantin juga bisa dibuat khusus (plat aspal). Kami menggunakan plat D 2003 HL yang kami pesan khusus di kaki lima. Pesan 2 buah plat (untuk depan dan belakang) bila memang ingin dipakai saat membawa pengantin atau cukup 1 plat saja bila hanya digunakan untuk foto outdoor. Salah satu alasan menggunakan patwal adalah mobil pengantin yang memakai plat aspal ini. Kacau ‘kan bila tiba-tiba mobil pengantin kena razia polisi?

Rias Pengantin. Umumnya jadi satu paket dengan sewa pakaian pengantin.

Souvenir Pernikahan. Mau buat sendiri atau pesan/ beli saja? Sekedar info, makin banyak jenisnya, biasanya makin banyak stok yang diperlukan. Misalkan gantungan kunci. Kalau hanya 1 bentuk, misalnya buah semangka. Setiap orang hanya minta satu. Tapi kalau bentuknya ada semangka, pisang, jambu,… teman dekat dan saudara akan mengoleksi tiap jenis yang ada. Ada teman penulis yang membuat sendiri souvenir pernikahan. Jauh sebelum hari pernikahan, ia sudah mulai mencicilnya. Murah, tapi unik (tak ada di pasaran).

Susunan Acara. Apa yang diinginkan, tinggal rundingkan dengan MC. Apakah akan toast dengan tamu, menyuapi kue untuk kedua orang tua, penghormatan kepada orang tua,…

Tempat Pemberkahan. Begitu Anda dan pasangan merencanakan pernikahan, segera cari info dari vihara/ cetiya tempat Anda biasa melakukan puja bakti. Apa saja persyaratan yang diperlukan untuk pemberkahan pernikahan. Bhante, Romo, atau Pandita mana yang akan memimpin pemberkahan pernikahan dan kapan waktunya. Biasanya untuk urusan pencatatan nikah ke kantor catatan sipil, akan dibantu.

Tempat Pesta. Pengalaman kami, hunting lokasi harus jauh-jauh hari sebelum hari H. Banyak gedung/ hotel yang sudah di-booking 1 tahun sebelumnya. Anda tidak bisa memilih waktu sesuai keinginan Anda, tapi hanya memilih waktu yang kosong yang tersisa.

Undangan Pernikahan. Sekarang bentuknya sangat bervariasi. Dulu, undangan hanya berwarna merah (seperti warna angpau), sekarang, warna hitam pun tidak tabu lagi. Apakah hanya menggunakan bahasa Indonesia atau plus Tionghua (Mandarin). Pastikan tidak ada kesalahan penulisan nama orang, tempat, tanggal yang keliru sebelum undangan naik cetak. Jadi draft undangan harus diperiksa dengan teliti. Jangan lupa cetak ucapan terima kasih yang akan diikatkan pada souvenir pernikahan.
Video Shooting. Di samping dokumentasi berupa foto, dokumentasi gambar bergerak (video) juga diperlukan. Gayanya pun sangat beragam. Ada yang dibuatkan video klip dengan lagu pilihan dan variasi lainnya.

Yang Diundang. Ini adalah daftar nama teman kerja, teman main, teman akrab, tetangga,… Gabungkan ini dan nama famili adalah total undangan yang disebar.





Source : http://mari-kita-rencanakan-pesta-pernikahan.blogspot.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

PERSIAPAN SEBELUM MENYELENGGARAKAN ACARA PERNIKAHAN

Step By Step Wedding Planning (Persiapan Pernikahan)
11 - 12 Bulan Sebelumnya


* Tentukan tujuan bulan madu anda dan mulailah mencari tour yang akan anda pakai.
* Cari informasi bagaimana mendaftarkan pernikahan anda di Catatan Sipil atau KUA.
* Cari informasi bila anda ingin menikah di Gereja atau tempat ibadah lainnya.
* Tentukan tanggal pernikahan, cari beberapa alternatif jika tanggal yang diinginkan tidak tersedia
* Cari informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan pernikahan, seperti bridal, tempat resepsi, jas pengantin, dan lain-lain. Informasi bisa didapat dari keluarga, teman atau kunjungi pameran-pameran pernikahan.
* Tentukan besar budget
Susun budget berdasarkan anggaran, dari paling besar sampai paling kecil Dimulai dari tempat+catering, lalu gaun+foto, dst.
* Buat daftar tempat tempat resepsi. Mulai pikirkan akan diadakan dimana pesta pernikahan anda nanti, apakah di hotel, restoran, atau ball room gedung gedung yang disewakan.
* Lakukan test kesehatan pra nikah.
* Buat daftar catering-catering. Kunjungi mereka, dan lakukan test food. Mulailah menyusun menu untuk pesta pernikahan anda nanti.

9 - 10 Bulan Sebelumnya

* Pesan tempat resepsi untuk pernikahan anda segera agar tidak didahului oleh pasangan lain.
* Tentukan pengiring pengantin anda. 1 orang remaja pengiring wanita , 1 orang pengiring pria, dan 2 orang pengiring anak kecil.
* Tentukan penerima tamu dan penjaga buku tamu.
* Tentukan siapa yang akan menjadi pengawas catering.
* Beritahu tanggal pernikahan anda di Gereja atau tempat ibadah lainnya, bila anda ingin menikah disana.
* Tentukan catering yang akan anda pakai, berikut menu utama dan pondokan.
* Tentukan jumlah tamu yang datang dari kedua belah pihak. Mulailah menulis daftar tamu, tanyakan kedua orang tua anda, nama-nama sanak keluarga yang harus diundang.
* Segera tentukan model baju pengantin anda, dan pilih salah satu dari bridal-bridal yang ada.
* Bila anda menginginkan kedua orang tua perempuan memakai baju dari bahan yang sama pada saat resepsi, mulailah mencari bahan sekarang.
* Tentukan seragam yang akan dipakai oleh penerima tamu, penjaga buku tamu dan keluarga. Mulailah mencari bahannya sekarang.
* Tentukan jas pengantin untuk mempelai pria


7 - 8 Bulan Sebelumnya

* Mulailah menentukan warna yang akan ditonjolkan agar pesta tampil selaras
* Pesan kartu undangan
* Pesan benda-benda ungkapan terima kasih untuk tamu
* Pesan dekorasi ruang resepsi
* Sewa kendaraan segera agar memperoleh jenis dan warna yang diinginkan
* Pesan keperluan dokumentasi, meliputi: foto studio, foto liputan dan video
* Pesan jas mempelai pria lengkap dengan asesorisnya
* Pesan kue pengantin


5 - 6 Bulan Sebelumnya

* Serahkan segera surat-surat untuk pembuatan akta nikah kepada yang berwenang
* Beli atau sewa pernak-pernik kamar pengantin
* Belanja perlengkapan rumah tangga dan keperluan seserahan
* Mengantar pengiring untuk ukur badan untuk pembuatan gaun yang baru
* Rawatlah muka dan tubuh secara teratur


3 - 4 Bulan Sebelumnya

* Kelompokkan kartu undangan untuk memudahkan pengiriman
* Buatlah janji dengan perancang untuk pengepasan gaun pengantin
* Pastikan susunan menu serta hitung jumlah pesanan secermat mungkin
* Ambil pesanan cincin kawin
* Pilih bingkisan untuk mereka yang banyak membantu Anda
* Diskusikan model rambut yang diinginkan dengan penata rambut Anda
* Lakukan test make up
* Foto studio sebaiknya dilakukan pada waktu test make up agar mendapat hasil yang prima


1 - 2 Bulan Sebelumnya

* Jangan lupa mengkonsumsi multivitamin setiap hari
* Susun jadwal acara hari H mulai dari sebelum dirias sampai selesai pesta dan berikan copynya pada pihak yang terkait
* Konfirmasikan semua pesanan Anda atas dekorasi ruang resepsi, foto, video, kue, MC, pemain musik (tentukan pula lagu-lagu yang harus dimainkan), pagar ayu/bagus dan bunga tangan
* Selenggarakan rapat dengan semua panitia
* Lakukan pengepasan terakhir gaun pengantin lengkap dengan asesorisnya
* Lakukan perawatan wajah dan tubuh secara lengkap
* Konfirmasikan kembali semua pesanan
* Istirahat yang cukup


SOURCE: http://www.gsn-soeki.com/wouw/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

"Apakah saya menikah dengan orang yang tepat"

Did I Marry The Right Person..?
Sebuah Terjemahan Bebas dari "Did I marry the right person?"

Cerita di bawah ini sangat bagus, buat yang masih single maupun yang udah nikah. Buat mereka yang masih single bisa mengambil pelajaran dari cerita ini, dan buat yang udah nikah cerita ini bisa jadi guideline untuk meningkatkan ikatan pernikahan yang udah dijalani.

"Apakah saya menikah dengan orang yang tepat"
Dalam sebuah seminar rumah tangga, seseorang audience tiba-tiba melontarkan pertanyaan yang sangat lumrah, "Bagaimana saya tahu kalo saya menikah dengan orang yang tepat?" Saya melihat ada seorang lelaki bertubuh besar duduk di sebelahnya jadi saya menjawab "Ya.. tergantung. Apakah pria disebelah anda itu suami anda?" Dengan sangat serius dia balik bertanya "Bagaimana anda tahu ?!" Biarkan saya jawab pertanyaan yang sangat membebani ini.

Inilah jawabanya…setiap ikatan memiliki siklus.Pada saat-saat awal sebuah hubungan, anda merasakan jatuh cinta dengan pasangan anda. Telpon dariya selalu ditunggu-tunggu, begitu merindukan belaian sayangnya, dan begitu menyukai perubahan sikap-sikapnya yang bersemangat begitu menyenangkan.

Jatuh cinta kepada pasangan bukanlah hal yang sulit. Jatuh cinta merupakan hal yang sangat alami dan pengalaman yang begitu spontan. Tidak perlu berbuat apapun makanya dikatakan "jatuh" cinta…Orang yang sedang kasmaran kadang mengatakan "aku mabuk cinta", bayangkan ekspresi tersebut! Seakan-akan anda sedang berdiri tanpa melakukan apapun lalu tiba-tiba sesuatu datang dan terjadi begitu saja pada anda. Jatuh cinta itu mudah. Sesuatu yang pasif dan spontan. Tapi…setelah beberapa tahun perkawinan, gempita cinta itu pun akan pudar..perubahan ini merupakan siklus alamiah dan terjadi pada semua ikatan. Perlahan tapi pasti.. telpon darinya menjadi hal yang merepotkan, belaiannya tidak selalu diharapkan dan sikap-sikapnya yang besemangat bukannya jadi hal yang manis tapi malah menambah penat yang ada..

Gejala-gejala pada tahapan ini bervariasi pada masing-masing individu, namun bila anda memikirkan tentang rumah tangga anda, anda akan mendapati perbedaaan yang dramatis antara tahap awal ikatan, pada saat anda jatuh cinta, dengan kepenatan-kepenatan bahkan kemarahan pada tahapan-tahapan selanjutnya. Dan pada situasi inilah pertanyaan "Did I marry the right person?" mulai muncul, baik dari anda atau dari pasangan anda, atau dari keduanya.. Nah Lho!
Dan ketika anda maupun pasangan anda mencoba merefleksikan eforia cinta yang pernah terjadi.. anda mungkin mulai berhasrat menyelami eforia-eforia cinta itu dengan orang lain. Dan ketika pernikahan itu akhirnya kandas… Masing-masing sibuk menyalahkan pasangannya atas ketidakbahagiaan itu dan mencari pelampiasan diluar. Berbagai macam cara, bentuk dan ukuran untuk pelampiasan ini, menginkari kesetiaan merupakan hal yang paling jelas. Sebagian orang memilih untuk menyibukan diri dengan pekerjaannya, hobinya, pertemanannya, nonton TV sampe TVnya bosen ditonton, ataupun hal-hal yang menyolok lainnya.

Tapi tau tidak?! Bahwa jawaban atas dilema ini tidak ada diluar, justru jawaban ini hanya ada di dalam pernikahan itu sendiri. Selingkuh?? Ya mungkin itu jawabannya Saya ngga mengatakan kalo anda tidak boleh ataupun tidak bisa selingkuh, Anda bisa! Bisa saja ataupun boleh saja anda selingkuh dan pada saat itu anda akan merasa lebih baik, tapi itu bersifat temporer, dan setelah beberapa tahun anda akan mengalami kondisi yang sama (seperti sebelumnya pada perkawinan anda). Karena.. (pahamilah dengan seksama hal ini)
Kunci sukses pernikahan bukanlah menemukan orang yang tepat, namun bagaimana belajar mencintai orang yang Anda temukan. . .secara terus menerus..!!

Cinta bukanlah hal yang pasif ataupun pengalaman yang spontan Cinta tidak akan begitu saja terjadi… Kita tidak akan bisa menemukan cinta yang selamanya Kita harus mengusahakannya dari hari ke hari. Benar juga ungkapan "diperbudak cinta" Karena cinta itu butuh waktu, usaha, dan energi. Dan yang paling penting, cinta itu butuh sikap bijak. Kita harus tahu benar apa yang harus dilakukan agar rumah tangga berjalan dengan baik. Jangan membuat kesalahan untuk hal yang satu ini. Cinta bukanlah misteri...

Ada beberapa hal spesifik yang bisa dilakukan (dengan ataupun tanpa pasangan anda) agar rumah tangga berjalan lancar. Sama halnya dengan hukum alam pada ilmu fĂ­sika (seperti gaya Grafitasi), dalam suatu ikatan rumah tangga juga ada hukumnya. Sama halnya dengan diet yang tepat dan olahraga yang benar dapat membuat tubuh kita lebih kuat, beberapa kebiasaan dalam hubungan rumah tangga juga dapat membuat rumah tangga itu lebih kuat. Ini merupakan reaksi sebab akibat. Jika kita tahu dan mau menerapkan hukum-hukum tersebut, tentulah kita bisa "membuat" cinta bukan "jatuh". Karena cinta dalam pernikahan sesungguhnya merupakan sebuah keputusan, dan bukan cuma perasaan..!

Kita ada di dunia bukan untuk mencari seseorang yang sempurna untuk dicintai TETAPI untuk belajar mencintai orang yang tidak sempurna dengan cara yang sempurna



DIsadur dari pernikahan@yahoogroups.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MOMENT FOTO UNTUK PERNIKAHAN

Gaya Unik untuk Foto Pernikahan
Bila fotografer Anda bukan spesialis foto nikah, daftar yang Anda buat ini akan sangat membantunya.

Anda bisa memilih beberapa dari sekitar 60 momen ini, baik untuk foto still maupun foto candid. Anda bisa menyerahkan pemotretan kepada jasa fotografi misalnya photograpy Jakarta.

Persiapan

Pengantin wanita saat menjalani rias wajah dan rambut.
Gaun pengantin atau jas yang digantung di hanger, dihamparkan di ranjang, atau menjuntai di sandaran kursi.
Still life shots dari sepatu, perhiasan, dasi, dan pernik lainnya.
Detail foto dari buket bunga pengantin wanita dan pengirinya.
Foto candid saat pengiring pengantin mengenakan pakaiannya.
Ibu membantu mengancingkan gaun atau kebaya pengantin.
Ibu membantu merapikan pakaian pengantin, seperti veil gaun pengantin atau lipatan kain
kebaya.
Foto seluruh badan dari pengantin yang sudah mengenakan gaun atau kebayanya sambil berkaca di cermin.
Ayah menatap pengantin putri dalam gaun atau kebayanya.
Pengantin putri bersama orangtua dan saudara-saudaranya.
Pengantin putri bersama para pengiringnya.
Pengantin pria bersiap bersama ayah dan pengiringnya.
Foto close-up dari cincin kawin.
Pengantin pria bersama orangtua dan saudara-saudaranya.
Pengantin pria bersama para pengiringnya.
Pengantin pria merapikan dasi atau kancing jas atau beskapnya.
Kedua pengantin secara terpisah berangkat menuju lokasi pemberkatan atau akad.

Upacara perkawinan

Bagian interior atau eksterior dari lokasi upacara sebelum tamu tiba.
Kedua pengantin menunggu untuk memasuki lokasi pemberkatan/akad nikah.
Ekspresi kedua pengantin secara close-up saat memasuki lokasi pemberkatan/akad nikah.
Kedua orangtua pengantin berjalan memasuki tempat upacara.
Orangtua dan keluarga pengantin menempati tempat duduk masing-masing.
Kedua pengantin duduk di tempat yang sudah disediakan.
Ekspresi kedua orangtua pengantin saat upacara berlangsung.
Wide shot dari altar atau mesjid, dari sudut pandang tamu.
Wide shot tamu, dari sudut pandang pasangan pengantin.
Momen khusus seperti saat pengantin pria mengucapkan ijab kabul.
Close-up dari pengantin pria dan wanita saat mengucapkan janji perkawinan.
Close-up tangan pengantin pria dan wanita saat bertukar cincin.

Sungkem, cium, dan peluk

Kedua pengantin sungkem kepada kedua orangtua untuk meminta restu.
Kedua pengantin saling mencium pipi.
Ekspresi close-up dari kedua pengantin setelah sah menjadi suami-istri.
Kedua pengantin berpelukan dengan keluarga dan teman-teman.
Kedua pengantin berjalan keluar dari tempat upacara.

Sebelum resepsi

Pengantin pria dan wanita berdiri bersama.
Pengantin wanita dengan orangtua.
Pengantin wanita dengan saudara-saudaranya.
Pengantin wanita dengan seluruh keluarga.
Pengantin pria dengan orangtua.
Pengantin pria dengan saudara-saudaranya.
Pengantin pria dengan seluruh keluarga.
Kedua pengantin dengan orangtua pengantin wanita.
Kedua pengantin dengan orangtua pengantin pria.
Kedua pengantin dengan kedua orangtua pengantin.
Kedua pengantin dengan seluruh anggota keluarga.
Kedua pengantin dengan para pengiring pengantin.
Kedua pengantin dengan seluruh panitia.

Resepsi

Bagian eksterior maupun interior dari tempat event party.
Still-life shots dari bunga, menu, dekorasi, table setting, kue pengantin, tumpeng, atau gelas
Champagne (bila ada).
Tamu-tamu tiba, dan menandatangani buku tamu.
Kedua pengantin tiba.
Ekspresi para temu menyaksikan kehadiran kedua pengantin.
Kedua pengantin menyesap Champagne.
Kedua pengantin saling bertegur sapa dengan tamu.
Kedua pengantin saling berdansa (bila ada).
Kedua pengantin menerima salam dari para tamu.
Ekspresi close-up dari kedua pengantin saat menyambut tamu.
Shot dari MC atau pengisi acara tengah tampil.
Kedua pengantin memotong kue pengantin atau tumpeng.
Bouquet toss (lempar bunga).
Kedua pengantin keluar dari tempat resepsi.
Mobil pengantin, serta saat kedua pengantin memasuki mobil.

SUMBER : kompas.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MEMILIH JENIS BUNGA UNTUK ACARA PERNIKAHAN

Pemilihan Wedding Flower Yang Tepat
Wedding Flower (bunga yang dipakai pada saat pernikahan) adalah sentral dari seluruh tema selama pernikahan berlangsung, baik di gereja/masjid/vihara dan juga di tempat resepsi pernikahan selalu dipenuhi oleh bunga yang bewarna-warni. Maka dari itu, pikirkanlah baik-baik sebelum memutuskan bunga apa yang akan dipakai nantinya. Sebelum memutuskan jenis bunga apa yang akan menjadi pilihan kamu di pernikahan nanti, ada baiknya untuk melihat arti dari beberapa bunga berikut:

* Ivy means fidelity
* Red roses mean passion
* White roses mean purity
* Quinces are for wedded happiness
* Orchids mean rare beauty
* Pansy means thinking of you
* Parsley means festivity
* Peppermint means warmth of feeling
* Rosemary means remembrance
* Sage-Garden means esteem
* Sorrel means affection
* Spearmint means warmth of sentiment
* Stock means lasting beauty
* Sweet Basil means good wishes
* Sweet Peas mean lasting pleasure
* Tulips mean eternal love



Source:
http://www.truebride.com.au

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

FIRST DANCE WEDDING SONG

First Dance Wedding Songs

First dance di resepsi pernikahan adalah hal yang penting dari beberapa acara lainnya. Tentu saja wedding songs yang kamu pilih untuk first dance di resepsi harus sangat personal, sehingga para undangan turut terbawa suasana yang begitu romantis.

Lagu-lagu dibawah ini mungkin dapat memberikan inspirasi tentang lagu apa yang akan di putar saat kalian melakukan first dance di resepsi pernikahan.

* At Last
* No, Not Much
* You’ll Never Know
* You Belong To Me
* It Had to Be You
* I Will Always Love You
* When I Fall In Love
* Always
* Don’t Know Much
* My Funny Valentine
* Just The Way You Are
* All The Things You Are
* Tonight I Celebrate My Love
* Unforgettable
* Baby I Love Your Way
* Always And Forever
* You Are So Beautiful
* The First Time Ever I Saw Your Face
* Because You Loved Me
* Smoke Gets In Your Eyes
* Up Where We Belong
* I Swear
* I Only Have Eyes For You
* I Knew I Loved You Before I Met You
* Have I Told You Lately
* Change The World

Kamu juga dapat menentukan lagu yang dapat menggugah hati kedua orang tua, berikut beberapa lagu pilihannya:

Wedding Songs untuk Ayah/Pengantin Wanita

* Butterfly Kisses
* A Song For My Daughter
* Daddy’s Little Girl
* Isn’t She Lovely

Wedding Songs untuk Ibu/Pengantin Pria:

* A Song For My Son
* A Song For My Mama
* Beautiful Boy
* If There Hadn’t Been You

Lagu-lagu untuk kedua orang tua:

* Wind Beneath My Wings
* Sunrise, Sunset
* I Wish You Love
* In This Life
* I Am Your Child
* I Hope You Dance



Source:
http://www.cheap-chic-weddings.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

LAGU ROMANTIS PERNIKAHAN

20 Lagu Romantis Untuk Pernikahan

Tentunya lagu romantis sangat diperlukan di acara pernikahan. Misalnya pada saat memasuki ruangan resepsi pernikahan, ataupun pada saat acara sedang berlangsung.

A little Romantic song to get you in the mood for love!!!

* I Swear - All for One
* I Do (Cherish You) - 98 Degrees
* Always - Bon Jovi
* My Heart Will Go On - Celine Dion
* You were Meant For Me - Jewel
* Every Breath You Take - Police
* Truly, Madly, Deeply - Savage Garden
* Faithfully - Journey
* Open Arms - Journey
* Greatest Love of All - Whitney Houston
* Tonight I Celebrate My Love - Roberta Flack & Peabo Bryson
* Endless Love - Lionel Ritchie & Diana Ross
* I Will Always Love You - Whitney Houston
* Lost In Your Eyes - Debbie Gibson
* Everything I Do, I Do It For You - Bryan Adams
* Amazing - Lonestar
* Have I Told You Lately - Rod Stewart
* Take My Breath Away - Top Gun Theme
* The Power of Love - Celine Dion
* Breathe - Faith Hil


Source:
http://www.usabride.com/wedplan/a_romantic_songs.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

INTRODUCTION

Kepada yang terhormat seluruh pembaca blog Wedding's MC dimanapun anda berada, salam sejahtera dan selamat datang di blog "Wedding's MC (Master of Ceremony)".
Dengan hadirnya blog ini, diharapkan kepada seluruh pembaca, mendapatkan manfaat dari tulisan yang saya buat, khususnya bagi para calon pengantin yang akan mengadakan acara resepsi pernikahan. Seperti kita ketahui bahwa acara pernikahan terbagi atas dua konsep acara, Traditional Wedding Party & International Wedding Party.
Dari setiap pengalaman perjalanan saya sebagai seorang MC, saya bermaksud berbagi pengalaman, mengenai acara pernikahan yang pernah saya lakukan sebelumnya. Disamping itu, saya menyediakan kolom Testimoni bagi seluruh pengantin yang pernah menggunakan jasa MC saya, dengan tidak lupa meninggalkan no. hp. Disamping itu, saya akan menyediakan fasilitas contoh rundown acara pernikahan, MP3 Lagu2 Pernikahan yang bisa para blogger download secara gratis. Semoga dengan hadirnya blog ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Apabila terdapat satu atau lain hal yang kurang berkenan, saya memohon maaf sebelumnya. Terima Kasih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS